Kamis, 28 Februari 2013

Hal-hal Ini Bisa Bikin Orang Galau dengan Kesehatannya

Galau dan dilema tidak hanya terjadi pada urusan percintaan saja. Orang-orang juga bisa menjadi galau terhadap kondisi kesehatannya jika dihadapkan pada hal-hal berikut ini.

Sebagian besar orang tahu bagaimana cara hidup yang sehat seperti sarapan, pola makan sehat dan olahraga. Tapi kadang orang yang cerdas sekalipun pernah terjebak pada dilema kesehatan yang serius.

Berikut ini beberapa hal yang bisa membuat orang jadi galau dengan kesehatannya, seperti dikutip dari Huffington Post

1. Telat tidur
Sebelum tidur sebaiknya seseorang berada dalam kondisi rileks, namun kadang masih disibukkan dengan pekerjaan sehingga waktu tidurnya jadi telat. Para ahli sepakat setiap orang diharapkan memiliki waktu tidur dan bangun yang sama setiap harinya agar jam biologis tubuh tidak terganggu.

Demi bisa tidur tepat waktu, sebaiknya buatlah prioritas apa saja hal yang harus diselesaikan dan mana yang bisa dilakukan esok hari. Hal ini membantu seseorang bisa tidur tepat waktu, sehingga tubuh bisa beristirahat.

2. Menggunakan high heels
High heels bisa membuat perempuan terlihat lebih seksi, meski sudah jadi rahasia umum kalau terlalu sering pakai high heels bisa berdampak buruk pada kesehatan. Para ahli menyarankan tidak terlalu lama menggunakan high heels.

Hal ini karena beban tubuh akan ditumpukkan pada bola kaki, sehingga sangat rentan mengalami cedera lutut, pinggul dan kaki. Jika ingin pakai high heels saat bekerja, sebaiknya siapkan sandal atau sepatu biasa sebagai pengganti dan gunakan high heels hanya pada kondisi tertentu saja.
 
 
3. Stres dengan daftar kegiatan
Jika stres dengan daftar hal-hal yang harus dikerjakan, maka hal terbesar atau terkecil dulu yang harus dilakukan? Jika stres maka seseorang perlu pengalaman positif.

Pilihlah hal yang secara realistis bisa dicapai dan dilakukan, dengan selesainya salah satu tugas bisa membuat seseorang jadi semangat untuk mengerjakan hal yang lainnya.
 
4. Lemak vs Protein
Pada kondisi tertentu seseorang dihadapkan pada pilihan asupan protein yang mengandung lemak jenuh tinggi, jika seperti ini para ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsinya. Hal ini karena kandungan lemak jenuhnya lebih besar ketimbang protein yang rendah.

Jika memungkinkan pilihlah sumber protein yang mengandung lemak tak jenuh, seperti kacang-kacangan yang dipanggang, ikan rebus atau ayam tanpa kulit yang dipanggang.
 
5. Olahraga pagi hari
Semua tahu betapa pentingnya tidur dan olahraga untuk kesehatan. Jika memiliki waktu tidur malam yang buruk, apakah sebaiknya menambah tidur di pagi hari atau bangun untuk olahraga?

Kurang tidur bisa meningkatkan risiko peradangan dan penurunan hormon di tubuh, para ahli menyarankan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup agar tubuh pulih, lalu mencari waktu berolahraga seperti sore hari.
 
6. Cemilan malam hari
Saat merasa lapar di malam hari, seringkali orang bingung apakah ia harus mengunyah sesuatu atau membiarkannya sampai tertidur. Disarankan makanlah sesuatu yang ringan agar tubuh tidak terlalu lapar.

Cemilan malam hari yang bisa dipilih seperti sayuran segar (baby wortel), potongan buah atau bisa juga yoghurt.
 
7. Bertengkar malam hari
Jika bertengkar malam hari dengan pasangan, kebanyakan psikolog merekomendasikan masing-masing meluangkan waktu untuk menenangkan diri sehingga bisa berpikir rasional dan jauh lebih mungkin mengembangkan solusi yang efektif.

Beberapa orang bisa mendapatkan solusi keesokan harinya, sehingga memilih tidur terlebih dahulu. Namun bagi orang yang tidak bisa tidur karena sangat marah, maka menangani masalah sebelum tidur bisa menjadi cara yang lebih baik.
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar